My FLP, My First Love

Rabu, 13 April 2016

Bedah Buku SMPIT Al-Fawwaz

Bedah buku rutin mingguan kali bertemakan “7 Habits Highly Effective People” karya Steven R. Covey. Bedah buku yang di helat di perpustakaan SMPIT Al-Fawwaz ini diisi oleh Ketua Yayasan SMPIT Al-Fawwaz, Drs.Mualib Wijono, Rabu, 13 April 2016.
Acara yang dihadiri guru-guru SMPIT Al-Fawwaz ini berjalan sangat menarik. Antusias guru-guru cukup diacungkan jempol. Beberapa pertanyaan dilontarkan kepada narasumber yang kemudian dibahas secara gamblang.
Drs.Mualib Wijono menyatakan bahwa setiap orang harus memiliki kebiasaan efektif agar hidup ini lebih unggul. Ia menambahkan efektif berarti menghasilkan berlipat ganda dengan  waktu yang relatif singkat.
“Jika dengan waktu yang sama orang lain bisa menghasilkan lima, maka Anda bisa menghasilkan sepuluh. Itulah efektif.”
“Orang yang cerdas adalah orang yang mengingat mati” tambahnya.
Orang yang mengingat mati adalah orang yang berpikir bahwa waktu itu singkat dan bagaimana caranya bisa menghasilkan dengan banyak. Manusia hidup rata-rata hanya 60 tahun. Jika manusia ingin selamat di akhirat dengan kehidupan di dunia yang relatif singkat maka ia harus melipatgandakan amal-amalnya. Begitu juga dengan kesuksesan. Jika ingin sukses maka harus mampu mengatur waktu dan bekerja efektif agar mendapatkan hasil yang berlipat ganda.
7 kebiasaan efektif  itu adalah be proactive (jadilah proaktif), begin with the end in the mind (merujuk pada tujuan akhir), think win/win (berpikir menang/menang), understand first and to be understood (berusaha mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti, synergize (wjudkan sinergi), dan sharpen the saw (asah gergaji).
Kebiasaan efektif yang dibahas kali ini hanya satu yaitu kebiasaan pertama, be proactive. Meski demikian kepadatan isi dari kebiasaan pertama ini sangat padat. Dari kata proaktif ada manusia yang disebut manusia proaktif. Manusia jenis ini adalah manusia yang tidak menyalahkan situasi sekitar, saat segalanya tidak berlangsung dengan baik. Manusia jenis ini adalah variable tetap, sedangkan variable perubahnya ada pada dirinya sendiri.
Manusia yang memiliki sikap proaktif maka kehidupannya akan serba menyenangkan. Semua hal buruk yang terjadi akan menjadi penyemangat baginya untuk berbuat lebih baik. Sikap proaktif juga membuat seseorang menjadi lebih dinamis, optimis, dan semangat. Dengan proaktif kehidupan akan lebih maju dan terarah.
Acara siang itu berakhir seiring dengan azan ashar yang telah berkumandang. Semua berharap pertemuan siang itu bisa mendapatkan pahala dari Allah swt dan memberikan dampak positif terhadap kehidupan semua yang hadir khususnya, dan seluruh warga Al-Fawwaz umumnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar